Anjing "Emoh" Daging Sapi


Sering kita menemukan, anjing usia diatas 6 bulan, ketika diberi makan daging sapi segar kualitas terbaikpun, setelah delapan hari, atau malah hanya lima hari, "emoh", tidak doyan lagi.

Dalam kurun waktu itu, ada yang masih mau menyantapnya, tapi volumenya menurun. Atau juga ada anjing tetap rakus, tapi pup pagi makin buuuanyak.

Sebenarnya, si anjing bukan bosan. Anjing tetap membutuhkan asupan protein. Hanya kebutuhan menurun. Sudah tercukupi. Yang diperlukan asupan kalsium, sebagai pemenuhan keseimbangan kebutuhan nutrisi.

Seperti itu yang pernah penulis alami, sebagai breeder. Sebelumnya kami menggunakan makanan olahan pabrik. Dryfood. Lalu beralih ke jenis raw. Daging sapi segar impor, kemasan 23kg. Itupun tak membuahkan hasil bagus. Di antaranya, tidak doyan lagi.

Dari situ, kami beralih lagi, semata-mata memburu demi kesehatan untuk herder-herder kami. Juga terkait kepentingan komersil. Anjing-anjing harus sehat dan biaya yang dikeluarkan lebih bisa dikendalikan.

Dari pengalaman itu, lalu kami mengolah pakan versi lain. Harus ada kandungan kalsium, yang berasal dari tulang..Tetap dalam bentuk Raw. Mentah alami dan higienis.

Ketika pup lembek, memulainya memakai ayam daging giling, yang kami sebut k9DeWa_AD atau dikenal pula k9ransum_AD dan dicampur nasi jagung (boleh nasi beras). Bila pup sudah terlalu keras, digantikan dengan k9DeWa_AK atau k9ransum_AKBisa juga memakai  k9DeWa_EP atau k9ransum_EP, yang rendah kalsium. Hasilnya luar biasa. Bertahun-tahun dengan menu yang sama, anjing tetap lahap.

Bahkan teman-teman turut memesan untuk anjing-anjing kesayangannya. Kini jadilah k9DeWa k9ransum, produk yang dijual umum. Harganya pun realatif murah.

k9DeWa k9ransum merupakan menu makanan anjing yang boleh disebut bersifat Master. Pokok. Olahan daging dan tulang rawan ayam (selain kaki) dan versi ikan (untuk anjing yang usia sebelum 10 bulan alergi ayam). Digiling siap saji. Selanjutnya, bisa ditambahkan karbohidrat. Nasi atau jagung.

Dengan menu k9DeWa - k9ransum, dipastikan pup pagi sangat sedikit. Indikasi menu yang dilahapnya, lebih banyak diserap tubuh. Wujudnya pun utuh dan cepat kering.

Demikian berbagi rawat anjing, yang dapat dijadikan referensi atas peliharaan kita. Sharing silahkan klik WhatsApp  0895-3052-6789.

Kepada siapapun yang peduli berbagi rawat anjing ini, juga semoga diberikan segalanya makin "Lancar Jaya dan Sukses Makmur" olehNYA. (Priono Subardan)