Terapi Anjing Takut Hujan

Herder Jantan,
setelah lulus terapi takut hujan,
kini santai di kandang Terapi
Derajat kecemasan, ketakutan, kewaspadaan bagi anjing berbeda-beda. Namun, jika antisipasi si anjing berlebihan, kiranya perlu sentuhan tangan kita. Karena juga berbahaya bagi anjing itu sendiri, dan berbahaya bagi orang lain.

Antisipasi yang berlebihan, yang pernah Saya tangani ketika di Akademi-k9, antara lain si Anjing "gendor-gendor pintu", juga jendela kaca. Memaksa minta masuk.

Ketika sudah didalam ruangan, masih "ribet" lagi, cari tempat yang dirasakan lebih aman. Ada yang duduk atau delosor di kolong tempat tidur, dibawah kursi, dan ada pula yang masuk kamar mandi. Dipaksa keluar tidak akan mau.

Bahkan, pengalaman pribadi, herder piaraan sendiri ada yang nekad, bisa memanjat pagar pembatas wilayahnya, untuk cari tempat yang baginya super aman.

ATASI DENGAN TERAPI
Bila menemui hal-hal demikian, berdasarkan pengalaman kami, perlunya diberikan kasih sayang dengan terapi. Intinya kita tunjukan hal-hal yang membuatnya heboh, sebenarnya hal lumrah yang tidak perlu dicemaskan, ditakuti, atau diwaspadai yang kelewatan.

Tetapi, terapi disini bukan omongan. Dengan tindakan. Antara lain:

Buat kandang Terapi. Model samping dan belakang tertutup rapat. Sirkulasi udara, dibuat hanya dari bagian depan dan atas.

Lebih detil, tetang Kandang, yang Saya praktekan antara lain seperti ini.

  • Bahan dari galvalum  (praktis, murah , tahan karat).  Standard ukuran anjing trah besar. Lebar 60Cm, Panjang 90Cm dan tinggi 90Cm.
LEBIH SEDERHANA, bisa dari kandang pada umumnya. Namun pada sisi samping dan belakang ditutup kardus rapat. (kami menggunakan kandang terapi permanen dari bahan Galvalum, sesuai kebutuhan digunakan berulang, karena seringnya menerima keluhan anjing takut hujan).
  • POSISI KANDANG TERAPI. Pada hari-hari awal, bergantung kecemasannya. Bisa ditempatkan didalam rumah atau langsung luar rumah dan tetap aman dari hujan
  • PENDAMPINGAN. Pada tahap awal, perlunya kita dampingi, dengan posisi si anjing bisa melihat kita. Sesekali di tinggal. Bisa pula, pendampingan oleh anjing lain, yang ramah dengan anjing lain dan tidak takut hujan. Ini juga yang kami praktekan.
  • Setelah 3 hari, dan masih dalam tahap pendampingan, pintu kandang mulai dibuka. Ketika si anjing tdk mau keluar, karena masih hujan, ini terapi sdh mendekati kesuksesan.
  •  Tahap terakhir, menjelang hujan si anjing keluarkan dan posisi pintu kandang terbuka. Dipastikan, anjing akan masuk sendiri ke kandang tersebut dan diam, Dipastikan, tak lebih dari seminggu terapi akan membuahkan hasil, sebagaimana diharapkan.
Cara lain, Kecemasan pada beberapa jenis anjing bisa diobati dengan obat-obatan sesuai resep dokter hewan. Tetapi, hal ini belum pernah saya lakukan,

Demikian berbagi rawat anjing, yang dapat dijadikan referensi atas peliharaan kita. Sharing silahkan klik WhatsApp  0895-3052-6789.

Kepada siapapun yang peduli berbagi rawat anjing ini, juga semoga diberikan segalanya makin "Lancar Jaya dan Sukses Makmur" olehNYA. (Priono Subardan)